1 Mar 2013

P.C IPM PIYUNGAN Sukses Mengadakan TARUNA MELATI 1


Piyungan-Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (P.C IPM) Piyungan, sukses menggelar acara Taruna Melati 1 (TM 1) pada tanggal Sabtu-Ahad, 23-24 Februari 2013. Bertempat di gedung Kantor Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM)Sitimulyo Barat, acara ini diikuti oleh 45 peserta yang berasal dari daerah se-Kecamatan Piyungan. Mayoritas peserta TM 1 adalah para pelajar dan remaja Islam masjid.
Acara TM 1 ini dimulai pada pukul 16.00, dengan dihadiri para tamu undangan antara lain, ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Piyungan, bapak H. Damanhuri, S. Ag, ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (P.C PM)Piyungan, Waston Nurhadi, dan ketua umum Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (P.D IPM)  Bantul, Johan Nasrudin Firdaus.
“Taruna Melati 1 adalah perkaderan resmi dari IPM untuk mencetak generasi penerus yang akan melanjutan IPM khususnya dan Muhammadiyah Piyungan pada umumnya”, kata Tri Irawan dalam pidato sambutannya. Ketua pelaksana kegiatan TM 1,-Tri Irawan atau Wawan panggilan akrabnya- menegaskan bahwa acara ini (TM1-red) sangat penting untuk membentuk dan mencetak yang mumpuni dalam segala hal, baik dalam agama maupun intelektual. Selain itu, Johan selaku ketua P.D IPM Bantul menegaskan dalam pidato sambutannya, pelajar Muhammadiyah adalah pelajar yang cerdas. “Taruna Melati 1 merupakan sarana untuk membentuk pelajar yang kreatif, berkarakter, dan berakhlak mulia”, tegas Johan. Ketua P.D IPM Bantul yang berasal dari Srandakan ini juga menegaskan perkembangan jaman yang semakin maju juga turut mempengaruhi perkembangan moral para pelajar, maka perkembangan itu harus diimbangi dengan pondasi agama yang kukuh.  

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh ketua umum PCM Piyungan. Pada sambutannya, Pak Daman –panggi lannya akrabnya- menyampaikan sangat mendukung sekali kegiatan ini. “Perlu diketahui bahwa kader-kader Muhammadiyah yang ada di Piyungan sangat potensial, coba kita lihat, ketua umum Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah (P.P NA) dan ketua Umum Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (P.W IPM)Daerah Istimewa Yogyakarta berasal dari Piyungan semua.(Norma Sari dan Syahdara Anisa Ma’ruf-red)”, jelas Pak Daman. Beliau juga menambahkan, semoga para peserta dari TM 1 dapat mengikuti acara ini dengan serius dan semoga dari TM 1 dapat tercetak kader-kader Muhammadiyah Piyungan yang perjuangan K.H Ahmad Dahlan (Muhammadiyah). Senada dengan pak Daman, Waston Nurhadi selaku ketua umum P.C PM Piyungan sangat mendukung acara ini. “ Saya sangat apresiasi dengan kegiatan ini, semoga dapat tercetak generasi yang cedas dan Islami”, jelas Waston.
Rangkaian kegiatan dari TM 1 sangat padat, karena dilaksanakan dalam 2 hari 1 malam. Para peserta dibekali dengan berbagai macam materi, antara lain ke-Islaman, ke-IPM an dan ke-Muhammadiyahan. Para pemateri pun para aktifis IPM yang sudah malang melintang dalam organisasi. Salah satunya yakni Syahdara Anisa Ma’ruf-Nisa-, mantan ketua bidang (kabid) Perkaderan P.C IPM Piyungan yang sekarang menjadi ketua P.W IPM DIY ini juga turut memberikan ilmunya untuk para peserta. Meski terlihat sedikit capek, namun antusias para peserta pun sangat tinggi. Materi yang banyak diskusi dan presentasi antar kelompok diikut dengan kompak dan semangat oleh para peserta yang sebagian besar adalah pelajar.
Selain itu, pada dini hari para peserta dibangunkan untuk menjalankan sholat malam secara berjamaah. Ada juga outbond dipagi hari untuk mengusir kejenuhan dari berbagai macam materi dan untuk merefresh kembali semangat para peserta.
Acara ini berlangsung sampai Ahad sore (24/2), pukul 17.00, dengan serangkain acara penutupan yang sangat meriah. Para peserta dan panitia bersama-sama menyanyikan lagu-lagu IPM dan Mars Muhammadiyah. Pada kesempatan ini suasana terlihat khidmat, selain diiringi dengan orgen dan sound system yang membahana, juga diiringi dengan hujan lebat. Pada sambutan sekaligus penutupan acara TM 1, ketua umum P.C IPM Piyungan, Hasby Marwahid, menegaskan bahwa persaudaraan, kebersamaan para peserta tidak lekas sampai di acara penutupan ini, namun jalinan persaudaraan akan terus dieratkan. “Insya Allah setelah ini akan ada follow up kegiatan untuk para peserta alumni TM 1 yang akan diadakan lagi oleh P.C IPM Piyungan, jadi tunggu saja kabar selanjutnya”, jelas Hasby.
Setelah acara penutupan selesai, para peserta diajak foto bersama-sama dengan panitia. Kemudian dilanjutkan dengan bersalam-salaman antara Ipmawan dengan Ipmawan, dan Ipmawati dengan Ipmawati. Terlihat senyum mengembang dari para peserta dan panitia. Hubungan kekeluargaan terjalin hangat dengan ukhuwah Islamiah. Semoga Allah meridhoi dan memberikan kemudahan-kemudahan dalam segala hal yang tidak terkira-kira. Amin. (has)

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: youremail@gmail.com

Our Team Memebers